Selasa, 03 Januari 2017

MODEL COURSE REVIEW HORAY



Model pembelajaran Course Review Horay merupakan model pembelajaran yang dapat menciptakan suasana kelas menjadi meriah dan menyenangkan karena setiap siswa yang dapat menjawab benar maka siswa tersebut diwajibkan berteriak „hore!‟ atau yel-yel lainnya yang disukai. Pembelajaran Course Review Horay, merupakan salah satu pembelajaran kooperatif yaitu kegiatan belajar mengajar dengan cara pengelompokkan siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil. Pembelajaran Course Review Horay merupakan suatu pembelajaran pengujian terhadap pemahaman konsep siswa menggunakan kotak yang diisi dengan soal dan diberi nomor untuk menuliskan jawabannya. Siswa yang paling terdahulu mendapatkan tanda benar langsung berteriak horay atau yel-yel lainnya. Melalui pembelajaran Course Review Horay diharapkan dapat melatih siswa dalam menyelesaikan masalah.
Dengan model course review horay, siswa dapat memahami materi yang telah diberikan dengan mudah. Pemahaman siswa tentang materi yang bersangkutan dievaluasi dengan cara menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan semangat belajar siswa. Selain itu, model course review horay menerapkan pembelajaran sekaligus hiburan, dengan demikian siswa tidak mengalami kejenuhan dalam proses belajar. Karena pada anak usia SD/MI mudah mengalami kejenuhan dalam proses belajar, maka dari itu diperlukan suatu model yang membuat anak tertarik pada saat guru sedang menjelaskan. Kebutuhan objek belajar menggunakan model course review horay dirasa sesuai dengan materi pelajaran yang akan diberikan, contohnya Ilmu Pengetahuan Alam. Pelajaran tersebut cocok dengan model ini, Siswa dapat lebih mudah mengingat materi yang telah disampaikan oleh gurunya dan juga istilah-istilah yang ada dalam pelajaran tersebut.

Fungsi Model Pembelajaran Course Review Horay
Model pembelajaran sebagai strategi dalam mencapai tujuan pembelajaran. Daya serap peserta didik terhadap bahan yang diberikan bermacam-macam. Ada yang cepat, ada yang sedang, dan ada yang lambat. Faktor intelegensi mempengaruhi daya serap peserta didik terhadap bahan pelajaran yang diberikan guru. Perbedaan daya serap peserta didik memerlukan strategi pembelajaran yang tepat, dan model merupakan salah satu solusinya. Bagi sekelompok peserta didik dapat lebih mudah menyerap bahan pelajaran bila guru mengunakan alat untuk mencapai tujuan. Tujuan merupakan suatu cita-cita yang akan dicapai dalam kegiatan pembelajaran dan menjadi pedoman yang memberi arah kemana kegiatan pembelajaran akan dibawa.
Tujuan dari kegiatan pembelajaran tidak akan pernah tercapai selama komponen-komponen lainnya tidak diperlukan. Salah satu komponen tersebut adalah model pembelajaran. Fungsi model pembelajaran adalah, Salah satu alat untuk mencapai tujuan. Dengan memanfaatkan model secara akurat guru akan mampu mencapai tujuan pembelajaran. Ketika tujuan dirumuskan agar anak didik memiliki keterampilan tertentu, maka model yang digunakan harus sesuai dengan tujuan.
Langkah-langkah penerapan model Course Review Horay sebagai berikut:
1.      Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2.      Guru mendemonstrasikan atau menyajikan materi
3.      Memberikan kesempatan kepada siswa bertanya jawab
4.      Untuk menguji pemahaman, siswa disuruh membuat kotak 9/16/25 sesuai dengan kebutuhan dan tiap kotak diisi angka sesuai dengan selera masing-masing siswa
5.      Guru membacakan soal secara acak dan siswa menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar (v) dan salah diisi tanda silang (x)
6.      Siswa yang sudah mendapat tanda V vertikal atau horisontal, atau diagonal harus berteriak “Horay‟‟ atau yel-yel lainnya
7.      Nilai siswa dihitung dari jawaban benar dan jumlah horay yang diperoleh
8.      Kesimpulan dan penutup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar