Model
pembelajaran Course Review Horay merupakan model pembelajaran yang dapat
menciptakan suasana kelas menjadi meriah dan menyenangkan karena setiap siswa
yang dapat menjawab benar maka siswa tersebut diwajibkan berteriak „hore!‟ atau
yel-yel lainnya yang disukai. Pembelajaran Course Review Horay,
merupakan salah satu pembelajaran kooperatif yaitu kegiatan belajar mengajar
dengan cara pengelompokkan siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil. Pembelajaran
Course Review Horay merupakan suatu pembelajaran pengujian terhadap
pemahaman konsep siswa menggunakan kotak yang diisi dengan soal dan diberi
nomor untuk menuliskan jawabannya. Siswa yang paling terdahulu mendapatkan
tanda benar langsung berteriak horay atau yel-yel lainnya. Melalui pembelajaran
Course Review Horay diharapkan dapat melatih siswa dalam menyelesaikan
masalah.
Dengan
model course review horay, siswa dapat memahami materi yang telah
diberikan dengan mudah. Pemahaman siswa tentang materi yang bersangkutan
dievaluasi dengan cara menyenangkan, sehingga dapat meningkatkan semangat
belajar siswa. Selain itu, model course review horay menerapkan
pembelajaran sekaligus hiburan, dengan demikian siswa tidak mengalami kejenuhan
dalam proses belajar. Karena pada anak usia SD/MI mudah mengalami kejenuhan
dalam proses belajar, maka dari itu diperlukan suatu model yang membuat anak
tertarik pada saat guru sedang menjelaskan. Kebutuhan objek belajar menggunakan
model course review horay dirasa sesuai dengan materi pelajaran yang akan diberikan,
contohnya Ilmu Pengetahuan Alam. Pelajaran tersebut cocok dengan model ini,
Siswa dapat lebih mudah mengingat materi yang telah disampaikan oleh gurunya
dan juga istilah-istilah yang ada dalam pelajaran tersebut.
Fungsi
Model Pembelajaran Course Review Horay
Model
pembelajaran sebagai strategi dalam mencapai tujuan pembelajaran. Daya serap
peserta didik terhadap bahan yang diberikan bermacam-macam. Ada yang cepat, ada
yang sedang, dan ada yang lambat. Faktor intelegensi mempengaruhi daya serap peserta
didik terhadap bahan pelajaran yang diberikan guru. Perbedaan daya serap
peserta didik memerlukan strategi pembelajaran yang tepat, dan model merupakan
salah satu solusinya. Bagi sekelompok peserta didik dapat lebih mudah menyerap
bahan pelajaran bila guru mengunakan alat untuk mencapai tujuan. Tujuan
merupakan suatu cita-cita yang akan dicapai dalam kegiatan pembelajaran dan
menjadi pedoman yang memberi arah kemana kegiatan pembelajaran akan dibawa.
Tujuan
dari kegiatan pembelajaran tidak akan pernah tercapai selama komponen-komponen
lainnya tidak diperlukan. Salah satu komponen tersebut adalah model
pembelajaran. Fungsi model pembelajaran adalah, Salah satu alat untuk
mencapai tujuan. Dengan memanfaatkan model secara akurat guru akan mampu
mencapai tujuan pembelajaran. Ketika tujuan dirumuskan agar anak didik memiliki
keterampilan tertentu, maka model yang digunakan harus sesuai dengan tujuan.
Langkah-langkah
penerapan model Course Review Horay sebagai berikut:
1. Guru
menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru
mendemonstrasikan atau menyajikan materi
3. Memberikan
kesempatan kepada siswa bertanya jawab
4. Untuk
menguji pemahaman, siswa disuruh membuat kotak 9/16/25 sesuai dengan kebutuhan
dan tiap kotak diisi angka sesuai dengan selera masing-masing siswa
5. Guru
membacakan soal secara acak dan siswa menulis jawaban di dalam kotak yang
nomornya disebutkan guru dan langsung didiskusikan, kalau benar diisi tanda
benar (v) dan salah diisi tanda silang (x)
6. Siswa
yang sudah mendapat tanda V vertikal atau horisontal, atau diagonal harus
berteriak “Horay‟‟ atau yel-yel lainnya
7. Nilai
siswa dihitung dari jawaban benar dan jumlah horay yang diperoleh
8. Kesimpulan
dan penutup.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar